Bolagaul.com, Nyon – Akhir pekan kemarin, Liga Italia Serie A menjadi kompetisi yang melakukan pekan terakhir pertandingan musim 2016-2017. Laga pamungkas tersebut sekaligus menjadi penentuan satu jatah Serie A ke fase grup Liga Champions musim depan.

Hasilnya, AS Roma menjadi wakil Serie A yang lolos langsung ke fase grup. I Lupi menyingkirkan Napoli, yang harus puas masuk ke Liga Champions melalui babak play-off. Pada sisi lain, formasi peserta Liga Champions 2017-2018 sudah lengkap, terutama dari negara-negara yang memiliki koefisien tinggi.

Pada gelaran musim depan, tiga kompetisi mendapat jatah empat tim, yakni La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman dan Premier League Inggris. Negeri Ratu Elizabeth mendapat tambahan satu tim lagi, menjadi lima klub, setelah Manchester United masuk via status juara Liga Europa musim lalu.

Selain Manchester United, empat tim lain wakil dari Premier League adalah Chelsea, Tottenham Hotspur, Machester City dan Liverpool. Jatah La Liga bakal terisi Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid dan Sevilla. Komposisinya, Sevilla harus melewati fase play-off, sementara tiga tim lain langsung berada di zona grup.

Sementara empat wakil Jerman bakal diisi tiga tim yang langsung ke fase grup, yakni Bayern Munchen, Borussia Dortmund dan Leipzig. Satu tim yang melalui play-off adalah Hoffenheim.

Tiga negara yang memiliki level koefisien peringkat 4 sampai 6, berhak mendapat tiga wakil di pentas Liga Champions. mereka adalah Serie A Italia, Superlig Portugal dan Ligue 1 Prancis.

Liga Italia Serie A mendapat dua jatah langsung ke fase grup, yakni Juventus dan AS Roma. Sementara Napoli beranjak dari play-off. Liga Portugal bakal mengirim sang juara, Benfica dan runner-up, FC Porto. Satu tim lagi dari jalur play-off adalah Sporting CP.

Jatah Ligue 1 Prancis bakal dipercayakan pada AS Monaco, Paris Saint-Germain dan satu tim yang harus melalui Kualifikasi Putaran III, Nice. Satu yang menjadi sorotan adalah Eredivisie, yang musim depan hanya mengirim satu wakil ke fase grup, yakni Feyenoord Rotterdam. Satu jatah lagi, Ajax Amsterdam, haru melalui Kualifikasi Putaran III.

Liga Champions 2017-2018 bakal memulai agenda kualifikasi pada 27 Juni 2017. Fase play-off melakoni laga perdana pada 15 Agustus 2017. Matchday 1 fase grup berjalan 12 September 2017. Laga final akan dihelat di Stadion Olimpiade Kiev, Ukraina pada 26 Mei 2018.

Gelaran Liga Champions musim ini bakal mencapai puncak pada perhelatan di Stadion Millennium, kota Cardiff, Wales. Pada laga akhir pekan ini, Juventus dan Real Madrid bakal berjibaku untuk mengangkat ‘Si Telinga Besar’.

Berikut ini daftar tim yang lolos ke Liga Champions 2017-2018:

Daftar Tim

Lolos Fase Grup
Real Madrid, Chelsea, FC Porto, Feyenoord, Barcelona, Tottenham Hotspur, AS Monaco, Beşiktaş, Atlético Madrid, Manchester City, Paris Saint-Germain, FC Basel, Bayern Munchen, Juventus, Spartak Moscow, Manchester United, RB Leipzig, AS Roma, Shakhtar Donetsk, Borussia Dortmund, Benfica, Anderlecht (1st)

Play-off
Sevilla, Liverpool, Sporting CP, Hoffenheim, Napoli

Kualifikasi Putaran III
Slavia Prague, Nice, Ajax, Olympiakos, CSKA Moscow, Başakşehir, Steaua București, Viitorul Constanța, Dynamo Kyiv, Young Boys, Club Brugge, Viktoria Plzeň (2nd)

(Sumber: bola.com)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.