Bolagaul.com, Le Mans – Pebalap Ducati, Jorge Lorenzo, mengantongi dua modal apik untuk memenangi balapan MotoGP Prancis, pada 21 Mei. Selain baru saja merebut podium pertama bersama Ducati, Lorenzo juga punya rekor apik di Sirkuit Le Mans tersebut.

Pebalap berjuluk X-Fuera tersebut sudah lima kali juara di MotoGP Prancis, khusus di kelas premier. Dia menjadi pebalap tersukses di kelas premier MotoGP Prancis. Lima kemenangan tersebut diraih Lorenzo pada musim 2009, 2010, 2012, 2015, dan 2016.

Valentino Rossi baru tiga kali juara di Le Mans, namun kemenangan terakhir Rossi di sana dibukukan pada 2008 alias sembilan tahun silam. Dua kemenangan lain ditorehkan Rossi pada musim 2002 dan 2005.

Marc Marquez malah baru sekali mencicipi kemenangan, meskipun tiga kali merebut pole di sana. Kemenangan Marquez di Le Mans ditorehkan pada musim 2014. Begitu juga rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang sekali juara di MotoGP Prancis pada 2013.

Selain menjadi pebalap dengan kemenangan terbanyak, Jorge Lorenzo juga memegang rekor lap tercepat di Le Mans. Rekor tersebut dibukukan pada musim lalu, yaitu 1 menit 31,975 detik. Rekor pole terbaik juga tercatat atas nama Lorenzo, yaitu 1 menit 31,975 detik.

Pada MotoGP 2016, Lorenzo memenangi balapan setelah mengalahkan Rossi dan Maverick Vinales yang masih memperkuat Suzuki.

Yang menjadi catatan, lima kemenangan di Le Mans dicatatkan Lorenzo saat masih menggeber motor M1 Yamaha. Lorenzo tentu harus bekerja keras dan mencari setelan yang pas untuk memperpanjang dominasinya di MotoGP Prancis, tapi kali ini bersama motor Desmosedici.

Beruntung, Lorenzo datang ke Le Mans dengan kepercayaan diri tinggi setelah meraih podium pertama bersama Ducati. Dia finis ketiga di MotoGP Jerez, di belakang duo pebalap Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marquez.

Hasil tersebut menjadi sinyal positif bagi Lorenzo yang terseok-seok pada tiga balapan pertama MotoGP 2017. Sebelum MotoGP Jerez, capaian terbaik Lorenzo di Ducati adalah finis kesembilan di MotoGP Austin. Di MotoGP Qatar dia hanya finis ke-11, bahkan gagal merampungkan balapan di MotoGP Argentina.

Dengan mengantongi rekor apik di Le Mans dan podium pertama bersama Ducati, mampukah Jorge Lorenzo mencatat hattrick kemenangan di Le Mans?

(sumber:bola.com)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.