Bolagaul.com — Manchester City, Liverpool, dan Arsenal masih berjuang memperebutkan posisi empat besar klasemen Premier League 2016-2017 agar dapat tampil di ajang Liga Champions, musim depan. Lantas, dari ketiga klub tersebut, siapa yang paling berpeluang menjadi “pemenang”?

Premier League telah menobatkan Chelsea sebagai kampiun musim 2016-2017, meski masih menyisakan satu pertandingan sisa. Chelsea berada di peringkat pertama dengan perolehan poin 90 dari 37 laga, unggul 10 angka dari Tottenham Hotspur yang baru memainkan 26 pertandingan.

Posisi Chelsea dan Tottenham Hotspur dipastikan bakal aman dalam hal jatah tampil di ajang Liga Champions musim depan. Kini, tinggal menyisakan dua tempat lagi untuk posisi ketiga dan keempat klasemen.

Hingga pekan ke-37, Manchester City berada di peringkat ketiga dengan mengemas poin 75. Namun, situasi tersebut belum aman karena masih dapat digeser Liverpool di posisi keempat yang mengumpulkan 73 poin. Sementara itu, Arsenal membuntuti di posisi kelima dengan perolehan 72 poin.

Klub
Memasukkan gol
Kemasukan Gol
Selisih Gol
Poin
Lawan
Man City
75
39
+36
75
Watford (T)
Liverpool
75
42
+33
73
Middlesbrough (K)
Arsenal
74
43
+31
72
Everton (K)

Ketiga klub tersebut juga berpeluang memainkan laga play-off untuk menentukan posisi di klasemen akhir. Hal ini tertuang dalam peraturan Premier league, sebagai berikut: “Jika pada akhir musim, baik juara liga, degradasi, atau kualifikasi untuk kompetisi lain, tidak bisa ditentukan karena ada dua atau lebih klub dengan kesamaan poin, selisih gol, dan gol memasukkan. Jadi, klub yang bersangkutan harus memainkan satu atau lebih pertandingan play-off di tempat netral. Format, tempat, dan waktu, akan ditentukan oleh dewan.”

Berikut ini adalah beberapa skenario Manchester City, Liverpool, dan Arsenal dalam mengamankan jatah posisi empat besar Premier League 2016-2017:

 

Manchester City

Manchester City

Dari ketiga klub yang bersaing, posisi Manchester City bisa dibilang paling aman. Setelah mengalahkan West Bromwich Albion 3-1, di Etihad Stadium, Selasa (16/5/2017), Manchester City hanya membutuhkan hasil imbang melawan Watford, di Vicarage Road, pada laga pekan terakhir, untuk mengamankan jatah Liga Champions.

Namun, ada dua skenario lain yang dapat membuat Manchester City berjuang ekstra keras tampil di ajang Liga Champions atau bahkan gagal lolos. Pertama, Manchester City dan Liverpool dapat menjalani partai play-off untuk menentukan posisi peringkat tiga, yang akan langsung lolos ke putaran final Liga Champions.

Situasi tersebut bakal terjadi jika Manchester City bermain imbang dengan Watford dengan jumlah gol banyak, sedangkan Liverpool menang minimal tiga gol. Sebagai contoh, Manchester City bermain 3-3 melawan Watford, sementara Liverpool menang 3-0 atas Middlesbrough.

Dengan demikian, kedua klub tersebut akan memainkan laga play-off untuk memperebutkan posisi ketiga klasemen. Hasil ini juga berlaku jika Manchester City bermain 4-4, sementara Liverpool menang 4-1, dan seterusnya.

Lihat tabel di bawah ini:

Klub
Memasukkan Gol
Kemasukan Gol
Selisih Gol
Poin
Liverpool
78
42
+36
76
Man City
78
42
+36
76

Lantas, apakah ada skenario Manchester City bakal gagal lolos ke Liga Champions musim depan? Tentu saja. Manchester City dapat mengalami mimpi buruk tersebut jika kalah dengan skor besar melawan Watford, sementara Arsenal dan Liverpool meraih kemenangan.

Sebagai contoh, jika Manchester City kalah 0-4 dari Vicarage Road dan Arsenal menang 2-0 atas Everton (dengan catatan Liverpool juga menang dengan skor berapa pun), posisi The Citizens dan The Gunners dalam klasemen akhir akan seperti di tabel di bawah ini:

Klub
Memasukkan Gol
Kemasukan Gol
Selisih Gol
Poin
Arsenal
77
44
+33
75
Man City
75
43
+32
75

Skenario ini juga berlaku jika Manchester City kalah 1-5 dan Arsenal menang 3-1, atau seterusnya.

Liverpool

Liverpool sejatinya hanya membutuhkan kemenangan saat menghadapi Middlesbrough, di Anfield, untuk memastikan satu tempat d ajang Liga Champions pada musim depan. Namun, jika The Reds kalah lebih dari dua gol, mereka wajib berharap Arsenal kalah dari Everton.

Liverpool juga dapat memainkan pertandingan play-off. Hal tersebut akan terjadi jika Arsenal bermain 1-1, sementara Liverpool kalah 0-2 dari Middlesbrough. Andai demikian, situasi perebutan posisi kedua klub tersebut dalam klasemen akhir Premier League akan seperti terlihat dalam tabel di bawah ini.

Klub
Memasukkan Gol
Kemasukan Gol
Selisih Gol
Poin
Arsenal
75
44
+31
73
Liverpool
75
44
+31
73

Situasi klasemen di atas juga terjadi jika Arsenal bermain 2-2 melawan Everton, sedangkan Liverpool kalah 1-3, atau Arsenal bermain 3-3 dan Liverpool kalah 2-4, dan berlaku seterusnya.

Satu hal pasti, jika Liverpool dan Arsenal mengalami situasi harus menjalani pertandingan play-off, klub yang bakal diuntungkan tentu Manchester City. Skuat asuhan Pep Guardiola akan aman di posisi ketiga apapun hasil pertandingan melawan Watford.

Arsenal

Dari ketiga klub yang sedang bersaing, Arsenal berada di posisi yang paling tidak menguntungkan. Kemenangan melawan Everton belum cukup untuk memastikan skuat asuhan Arsene Wenger tersebut finis di empat besar, lantaran bergantung juga terhadap hasil laga Liverpool atau Manchester City.

Skenario pertama adalah Arsenal dapat naik ke peringkat ketiga jika Manchester City kalah melawan Watford, sementara Liverpool bermain imbang atau kalah saat menghadapi Middlesbrough. Namun, Arsenal harus menang dengan selisih lebih dari lima gol, dan Manchester City menelan kekalahan besar dari Watford.

Arsenal juga dapat memainkan pertandingan play-off melawan Manchester City untuk memperebutkan peringkat keempat. Hal itu akan terjadi jika Manchester City kalah 0-4, sementara Arsenal menang 1-0. Situasi akan tetap berlaku dengan jumlah kelipatan gol yang sama.

Jadi, siapa yang bakal tersisih dari perebutan posisi empat besar Premier League 2016-2017? Kita tunggu saja hasil pertandingan ketiga klub tersebut, akhir pekan ini.

(sumber:bola.com)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.