Bolagaul.com, Kuala Lumpur – Setelah hampir sebulan lamanya menanti, pencinta sepak bola Malaysia akhirnya mendapatkan kepastian siapa pelatih baru yang ditunjuk menangani timnas Malaysia senior. Pelatih yang menggantikan Ong Kim Swee di kursi panas itu adalah Nelo Vingada.

Seperti dilansir dari beberapa media terbitan Malaysia, Nelo Vingada atau yang dikenal dengan julukan The Professor itu merupakan pelatih berkebangsaan Portugal. Hal itu sesuai dengan bocoran yang diterima media massa Negeri Jiran, bila pelatih baru nanti memiliki kewarganegaraan sama seperti bintang dunia Cristiano Ronaldo.

Nelo Vingada yang bernama lengkap Eduardo Manuel Martinho Braganza de Vingada memulai karier kepelatihannya sebagai asisten Carlos Queiroz di timnas Portugal U-20. Setelah itu pernah jadi pelatih kepala timnas Arab Saudi pada 1996-1997 dan timnas Yordania pada 2007-2009.

Pelatih 64 tahun itu juga pernah membesut timnas olimpiade Mesir pada 2004-2005 dan Iran (2014) serta beberapa klub ternama di Asia. Klub terakhir yang dilatihnya adalah North East United FC di India Super League.

“Dengan pengalaman dan usianya, kami melihatnya sebagai sosok terbaik untuk membimbing timnas pada kesuksesan,” ujar Tunku Ismail Sultan Ibrahim, Presiden Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Senin (15/5/2017).

“Sentuhannya pada timnas-timnas sebelumnya, baik di level junior maupun senior, menggambarkan kapasitas dan kemampuannya. Kami menanti kerja sama dengan Vingada,” imbuh Tunku Ismail seperti dikutip dari New Straits Times.

Vingada membalas dengan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. “Kehormatan bagi saya menjadi pelatih timnas (Malaysia). Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan saya sudah tak sabar segera memulainya,” timpal Vingada.

The Professor dijadwalkan tiba di Malaysia pada 25 Mei 2017. Hal itu berarti ia tidak memiliki banyak waktu karena pada 8 Juni 2017, timnas Malaysia harus menghadapi timnas Korea Utara di Pyongyang dalam laga perdana putaran ketiga kualifikasi Piala Asia 2019.

Di sisi lain, keberadaan Nelo Vingada sebagai pelatih asing di kursi pelatih timnas Malaysia jadi yang pertama dalam 13 tahun terakhir. Timnas Malaysia terakhir kali dilatih pelatih asing pada 2004, yakni kala ditangani Bertalan Bicskei dari Hungaria.

(sumber:bola.com)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.